Korupsi Sudah Ada Sejak Jaman Kuno

Korupsi bukan merupakan hal yang baru di Indonesia atau bahkan di dunia. Banyak dari kita mungkin malah sudah terbiasa korupsi, meski bukan yang besar namun kita sudah terbiasa dengan adanya korupsi jadi jangan heran diatas sana juga banyak terjadi penyelewengan dana yang merugikan negara dan tentu saja kita sebagai warga Indonesia, tapi apakah kalian tahu bahwa korupsi sudah terjadi dari jaman dahulu kala.

Di Yogyakarta ditemukan bahwa ada prasarti yang menjelaskan kegiatan korupsi kuno. Tercatat pada tahun saka 826 adanya kegiatan korupsi dengan ditulis berulang kali mengenai pengurangan pajak yang seluruh dana pajak diambil dan dipegang oleh petugas pajak termuat dalam prasasti Rumwiga. Dalam prasasti lain yaitu dalam prasasti Palepangan mengenai penyelewengan dana pajak yang dilakukan oleh petugas pajak.

Bentuk korupsinya dimisalkan adalah pajak berjumlah 100 namun hanya 80 yang masuk sementara yang 20 untuk para petugas pajak. Lain halnya dengan prasasti Panenggaran dan Sumundul, prasasti tersebut bercerita tentang hukuman bagi orang yang telat membayar atau tidak membayar pajak. Hukumannya sangat mengerikan karena berlangsung hingga anak cucu, dengan kata lan bahwa jaman dahulu orang-orang dipaksa wajib pajak.

Hal itu juga yang membuat bahwa jaman dahulu hukumannya sangat keras bagi para orang tidak wajib pajak. Tapi tidak ditemukan bagaimana hukuman untuk para pelaku korupsi yang di kaji oleh Dosen Arkeologi UGM dan Djoko Dwiyanto. Menurut Djoko Dwiyanto korupsi sudah ada bahkan dari jaman dulu. Hal ini yanga membuat kaget sekaligus lucu bahwa korupsi sangat mendarah daging terutama dalam hal pajak.

Bukan merupakan hal baru terjadi di sektor pajak. Para koruptor pajak atau biasa disebut mafia pajak yang sudah sangat meresahkan masyarakat ternyata sudah ada dari jaman dahulu. Apakah benar memang dari sektor pajak memang sektor yang snagat riskan untuk penyelewengan dana atau korupsi. Semua itu kembali pada manusia sendiri tentang bagaimana manusia besikap sebagai mahluk yang bernorma dan mempunyai kepercayaan atau agama.