Keprihatinan David Santoso Terhadap Go-Jek

Pengusaha kendaraan umum menyesalkan bila banyak supirnya yang beralih profesi menjadi tukang ojek yang sedang marak di Jakarta seperti Go-Jek. Tujuan utama mereka beralih semata-mata adalah karena pendapatan yang sangat berbeda jauh. Pendapatan yang ditawarkan Go-Jek memang cukup meggiurkan, hal inilah yang membuat banyak supir kendaraan umum pindah ke Go-Jek. Selaku Dirut PT Taxi David Santoso sangat prihatin dengan perpindahan banyak supir taxi untuk bergabung dengan Go-Jek.

Seakan akan pemerintah mendukung Go-Jek sebagai kendaraan umum padahal sejatinya ojek bukan merupakan kendaraan umum seperti diatur dalam perundang-undangan karena unsur keselamatan yang belum memenuhi syarat. Keselamatan penumpang memang sangat di utamakan dalam perundang-undangan karena bisa dilihat bahwa Go-Jek merupakan kendaraan beroda dua yang riskan dengan keselamatan. Tapi disini sekali lagi memang Go-Jek tidak termasuk kendaraan umum tapi oleh pemerintah sepertinya didukung seperti kendaraan umum.

Euphoria Go-Jek sendiri memang sangat luar biasa bila dilihat dari tanggapan warga jakarta. Dari sisi tukang ojeknya sendiri banyak menuai kesan positif karena pendapatan mereka naik secara drastis bila dilihat pendapatan rata-rata tukang ojek jalanan dan bagi konsumen sendiri merupakan hal yang baru. Di lain sisi dengan hanya menggunakan aplikasi Go-Jek Android kita bisa mendapatkan kendaraan tanpa harus pergi jauh-jauh. Hal inilah yang membuat Go-Jek sangat menarik.

Suasana Jakarta memang menuntun untuk serba praktis karena kerumitan dan macetnya jalan. Hal seperti Go-Jek yang mempunyai kemudahan dalam mengakses dan mendapat layanannya. Banyak hal membatasi Go-Jek sendiri terkait keselamatannya bahkan dari pihak tukang ojek jalanan juga mengesalkannya. Meskipun dari pemerintah mendapat dukungan namun banyak pihak tidak menyetujui.

Seperti diungkapkan Davis bahwa Go-Jek tidak memenuhi unsur keselamatan dan tidak memenuhi secara undang-undang. Entah bagaimana harus menanggapi fenomena Go-Jek tapi setidaknya banyak pihak diuntungkan dengan keberadaannya diluar banyak kontroversi mengenai perundang-undangan ataupun secara keselamatan tidak memenuhi sebagai kendaraan umum karena permasalahan roda dua. Namun sepertinya pemerintah harus mencoba menata kembali bagaimana menanggapinya.